Loading...

Kartu Prakerja


MEMULAI BELAJAR

Bagaimana saya memulai belajar di web http://belajar.idseducation.com ?

Anda perlu mengikuti 3 langkah mudah berikut ini:

  1. Membuat akun di web belajar.idseducation.com dan mengaktivasi akun tersebut
  2. Redeem kode voucher yang Anda dapatkan saat membeli produk pelatihan
  3. Pilih kelas yang akan diikuti dan mulai belajar

Bagaimana membuat akun belajar di web http://belajar.idseducation.com ?

Untuk membuat akun Anda cukup menekan tombol REGISTRASI dan mengisi data lengkap (seluruh data harus akurat dan sesuai dengan data saat Anda mendaftar di program Kartu Prakerja). Setelah itu Anda akan mendapat email pemberitahuan untuk AKTIVASI akun tersebut.

Data apa saja yang harus saya siapkan saat mendaftar?

Seluruh data yang dibutuhkan adalah data yang valid dan seusai dengan data yang Anda gunakan saat mendaftar di Program Kartu Prakerja, diantaranya:

  1. Nama lengkap
  2. Nomor Prakerja
  3. Email (akan digunakan untuk komunikasi dan pengiriman sertifikat)
  4. Info tempat pembelian program pelatihan Kartu Prakerja
  5. Kode voucher untuk redeem program pelatihan

Bagaimana saya memilih kelas pelatihan yang harus saya ikuti?

Apabila Anda telah mendaftar dan aktivasi akunnya, langkah selanjutnya adalah memasukkan kode voucher untuk meredeem program pelatihan yang telah Anda beli. Apabila kode voucher cocok, maka jenis pelatihan Anda akan otomatis tampil di dashboard belajar.

Bagaimana proses redeem voucher?

Setelah akun Anda aktif, silahkan klik tombol REDEEM VOUCHER dan isikan kode voucher yang Anda dapatkan setelah membeli produk pelatihan Kartu Prakerja. Untuk proses redeem, Anda wajib mengisi kode voucher dari IDS dan kode voucher dari PMO.

Data apa saja yang harus saya siapkan saat redeem voucher?

Anda perlu mengidentifikasi secara tepat kode voucher yang dimiliki. Kadang peserta salah mengartikan antara NOMOR INVOICE dengan KODE VOUCHER. Kode voucher untuk redeem ada beberapa jenis, antara lain:

  1. Kode voucher pembelian pelatihan dari Bukalapak dengan awalan PMO
  2. Kode voucher pembelian pelatihan dari Tokopedia dengan awalan TPK
  3. Kode voucher manual pemberian dari IDS dengan awalan KVM

PROSES BELAJAR

Apa yang harus saya siapkan untuk memulai belajar?

Mengingat saat ini Program Kartu Prakerja yang berlaku adalah kelas online, maka Anda membutuhkan alat seperti komputer, laptop, atau smartphone dengan koneksi internet yang baik.

Apa saja jenis material yang akan saya ikuti selama proses belajar?

Jenis material setiap pelatihan bisa bervariasi. Namun umumnya akan terdiri dari materi audio atau video, teks bacaan, materi ujian online.

Mengapa saya tidak dapat mengakses materi video?

Ada beberapa sebab yang mengakibatkan Anda tidak dapat mengakses/melihat materi pelatihan berupa video, antara lain:

  1. Perangkat keras yang Anda gunakan tidak memenuhi syarat teknis minimal
  2. Perangkat lunak yang Anda gunakan tidak memenuhi syarat teknis minimal
  3. Koneksi internet Anda tidak mencukupi kebutuhan kecepatan minimal untuk mengakses materi video
  4. Koneksi internet Anda tidak memenuhi kuota data yang dibutuhkan
  5. Web server belajar.idseducation.com sedang mengalami kendala atau beban kerja berlebih. Apabila hal ini terjadi, diharapkan Anda dapat mencoba akses lagi setelah beberapa saat

Apakah saya dapat mengulang materi pelatihan?

Ya, Anda dapat mengulang materi pelatihan apabila dirasa belum cukup memahami. Anda dapat mengakses materi dari bab sebelumnya.

Berapa nilai tes yang harus saya capai agar lulus?

Untuk mencapai status kelulusan, Anda harus menyelesaikan 100% materi pelatihan dan mengikuti tes dengan nilai kelulusan minimal skor 60.

Apakah saya dapat mengulang tes apabila belum lulus?

Ya, Anda dapat mengulang tes agar dapat mencapai nilai kelulusan skor 60.

SELESAI BELAJAR

Apa saja langkah dan syarat agar saya mendapatkan sertifikat?

Anda wajib menyelesaikan 100% materi pelatihan dan mengikuti proses tes dengan nilai kelulusan minimal skor 60. Apabila belum mencapai nilai skor 60, Anda dapat mengulang proses tes.

Setelah seluruh data Anda lengkap (nama lengkap, nomor prakerja, kode voucher pelatihan kartu prakerja, alamat email) dan memenuhi syarat di atas, maka Admin akan mengeluarkan sertifikat Anda.

Kapan saya mendapatkan sertifikat?

Anda akan mendapat sertifikat setelah memenuhi syarat-syarat di atas, dan telah diverifikasi lengkap datanya oleh Admin. Anda akan mendapat email pemberitahuan beserta link untuk melihat/unduh sertifikat tersebut di web belajar.idseducation.com

Kapan sertifikat saya akan tampil di Dashboard web Prakerja (www.prakerja.go.id)? Sertifikat akan tampil di dashboard Prakerja (www.prakerja.go.id) setelah melalui beberapa langkah:

  1. Sertifikat diterbitkan oleh admin lembaga pelatihan, dikirim melalui email dan bisa diakses peserta melalui dashboard peserta di web belajar.idseducation.com
  2. Sertifikat akan dilaporkan setiap hari kerja ke admin channel pembelian seperti Tokopedia, Bukalapak, dll
  3. Pihak admin channel pembelian (seperti Tokopedia, Bukalapak, dll) akan melaporkan sertifikat yg sudah terbit tersebut ke Project Management Office (PMO) Prakerja
  4. PMO Prakerja akan menampilkan sertifikat di dashboard Prakerja Semua pihak yang terlibat berusaha semaksimal mungkin agar proses penerbitan sertifikat di dashboard akun Kartu Prakerja dapat terlaksana secepat mungkin.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait SERTIFIKAT yang belum tampil di dashboard web www.prakerja.go.id silakan hubungi email [email protected]

Kapan dana insentif Prakerja akan saya terima setelah saya mendapat sertifikat?

Tata cara dan jadwal penerimaan insentif adalah wewenang dan lingkup kerja dari PMO Kartu Prakerja. Kami tidak memiliki informasi dan wewenang yang cukup untuk menjawab hal ini. Untuk lebih jelasnya, hal ini dapat ditanyakan langsung ke admin pengelola Program Kartu Prakerja (PMO Prakerja)

PERTANYAAN LAIN

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan lainnya terkait program pelatihan Kartu Prakerja IDS | International Design School. Silahkan kirim topik pertanyaan Anda melalui link : https://prakerja.idseducation.com/contact-us/

Harap dengan jelas dan spesifik menyertakan data-data berikut agar kami dapat membantu Anda lebih lanjut secara lebih baik:

  • Nama lengkap
  • Nomor Prakerja
  • Kelas yang diikuti
  • Pertanyaan/Permasalahan yang dihadapi (uraikan sejelas dan lengkap mungkin)