Bahasa dan Budaya Jepang Dasar untuk Tenaga Perkantoran Umum

Tentang Kelas

Materi ini ditujukan untuk individu pegawai kantor umum untuk memahami bahasa dan budaya Jepang. Fokus pada Tingkat dasar, materi memberikan materi pola kalimat bahasa Jepang dasar dan budaya Jepang sederhana.

Materi mencakup pengenalan terhadap bahasa Jepang, sapaan sederhana dalam bahasa Jepang, pola kalimat sederhana dalam bahasa Jepang, dan budaya Jepang di dunia perkantoran. Peserta diajak untuk berpartisipasi secara aktif dalam mempraktekkan kemampuan bahasa dan budaya Jepang.

Selanjutnya, materi difokuskan pada pola kalimat perkenalan diri secara singkat. Peserta dipandu agar bisa memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang dengan tepat.

Materi juga mencakup budaya Jepang sederhana di dunia bekerja seperti Hourenso dan 5S. Peserta mempelajari konsep dasar dari budaya tersebut dan penerapannya di kantor.

Integrasi keterampilan ini dijelaskan sebagai landasan bagi peserta menjadi Pegawai Kantor Umum terutama pegawai kantor di Perusahaan Jepang yang kompeten. Harapannya, dapat menambah wawasan dan memaksimalkan kemampuan peserta dalam berkomunikasi di dunia professional menggunakan bahasa Jepang dasar.

Tujuan Umum

Tujuan Umum Pelatihan Dasar Bahasa Jepang ini adalah Peserta dapat membaca huruf Jepang dan berbicara bahasa Jepang sesuai dengan tata bahasa dan pola kalimat bahasa Jepang yang benar minimal 60% dalam memperkenalkan diri dengan mendemonstrasikan budaya dan sikap orang Jepang di depan rekan kerja maupun atasan / pimpinan perusahaan

Tujuan Khusus

  • Mampu membaca tulisan Jepang Hiragana, dan huruf modifikasinya
  • Mampu memahami Hajimeni, salam sapaan, budaya hormat, dan membuat percakapan perkenalan kepada atasan dan rekan kerja
  • Mampu memahami angka, jam, hari, bulan, tahun dan membuat percakapan sederhana kepada atasan dan rekan kerja
  • Mampu memahami pola kalimat  (kata benda) wa (kata benda) desu,  kalimat tanya..wa..desuka, & mampu malakukan percakapan dalam bahasa Jepang, baik melalui telepon atau elektronik, dan meneruskan ke orang yang tepat.
  • Mampu memahami pola kalimat kata tunjuk (Kore, Sore, Are & Kono, Sono, Ano) &  melakukan percakapan dalam bahasa Jepang untuk megunjuk keberadaan sebuah benda/ dokumen dalam melakukan pekerjaan di kantor.
  • Mampu menerapkan budaya kerja HouRenSou dalam melakukan pekerjaan sebagai tenaga perkantoran umum.
  • Mampu menerapkan budaya kerja 5S dalam melakukan pekerjaan sebagai tenaga perkantoran umum.

 KOMPETENSI 
Pengetahuan (Kognitif):

  • Memahami tulisan Jepang Hiragana, Katakana, dan huruf modifikasi
  • Memahami salam sapaan, dan percakapan dasar dalam bahasa Jepang di dunia kerja
  • Memahami budaya kerja Jepang HouRenSou
  • Memahami budaya kerja Jepang 5S
  • Memahami tulisan Jepang Hiragana, Katakana, dan huruf modifikasi

Sikap Kerja (Afektif):

  • Dapat membaca tulisan Jepang
  • Teliti dalam memilih salam sapaan yang tepat untuk atasan, rekan kerja. Teliti dalam mengucapkan percakapan sederhana dengan atasan, rekan kerja.Memberikan hormat sesuai budaya Jepang kepada atasan, rekan kerja
  • Menerapkan budaya kerja HouRenSou :
    Hokoku / Melaporkan
    Renraku / Menginformasikan
    Soudan /Konsultasi
  • Menerapkan budaya kerja 5S :
    1. Seiri / Sort / Ringkas
    2. Seiton / Organized / Rapi
    3. Seiso / Clean / Resik
    4. Seiketsu / Maintenance / Rawat
    5. Shitsuke / Continues / Rajin
  • Dapat membaca tulisan Jepang

Syarat dan Ketentuan Peserta : 

  • Pendidikan minimal SMA
  • Memiliki komputer / laptop 

Metode Ajar : 

  • Live Webinar 
  • Via Zoom

Mekanisme Evaluasi Pembelajaran Peserta

  • Evaluasi berupa kuis, Tugas Mandiri, Pretest dan Posttest dan Reflective Journal

 

Materi Pembelajaran

Materi sesi 1 mencakup hajimeni dan salam sapaan dan percakapan sederhana dalam bahasa Jepang, budaya hormat, ojigi dan budaya sederhana lainnya dalam bahasa Jepang.

Materi ini ditujukan agar individu bisa memahami dan mempraktekkan salam sapaan dan percakapan sederhana dalam bahasa Jepang.

Materi ini juga ditujukan agar individu bisa memahami dan mempraktekkan budaya Jepang sederhana seperti budaya hormat dan ojigi.

Materi sesi 2 mencakup perkenalan jenis huruf di dalam bahasa Jepang yakni hiragana dan katakana.

Materi ditunjukkan agar individu dapat memahami jenis huruf hiragana, katakana, modifikasi, serta cara menulisnya agar dapat langsung dipraktekkan selama dan setelah sesi pelatihan.

Materi mencakup konsep dasar huruf hiragana, katakana, modifikasi huruf hiragana seperti dakuten dan dakuten, cara menulis huruf hiragana dan katakana, serta contoh kosakata yang menggunakan huruf hiragana dan katakana.

Materi sesi 3 mencakup angka dalam bahasa Jepang dan pola kalimat tunjuk dalam bahasa Jepang.

Materi ditunjukkan agar individu dapat memahami cara penyebutan angka, jam, hari, bulan dan tahun dalam bahasa Jepang beserta contoh percakapan sederhana menggunakan pola kalimatnya.

Materi juga mencakup pola kalimat kata tunjuk dalam bahasa Jepang beserta contoh percakapan sederhana agar individu bisa mempraktekkannya secara langsung.

Materi ditujukkan agar individu dapat memahami konsep dasar dan contoh percakapan pada saat melakukan houkoku (laporan) kepada atasan di tempat kerja.

Materi juga mencakup konsep dasar dan contoh percakapan pada saat melakukan renraku (menghubungi) yakni pada saat menginformasikan sesuatu kepada atasan atau rekan di tempat kerja serta konsep dasar dan contoh percakapan pada saat melakukan Soudan (konsultasi) dengan rekan kerja dan atasan di tempat kerja 



Materi sesi 5 mencakup budaya kerja di Jepang yaitu 5S yang terdiri dari Seiri, Seiton, Seisou, Seiketsu, dan Shitsuke.

Materi ditujukkan agar individu dapat memahami konsep dasar dan contoh percakapan pada saat bekerja dengan menerapkan budaya kerja 5S di Perusahaan Jepang mulai dari:

  1. Seiri (Mengorganisir)
  2. Seiton (Merapikan)
  3. Seisou (Membersihkan)
  4. Seiketsu (Merawat)
  5. Shitsuke (Membiasakan)

Bahasa dan Budaya Jepang Dasar untuk Tenaga Perkantoran Umum

Rp 1500000
PrakerjaBeginner

Sofa Mustika, S.Pd
Dian Annisaa, S.Pd., Gr