AWS CendekiAwan - Game Development

Tentang Kelas

AWS CendekiAwan - Game Development  adalah program yang didukung penuh oleh AWS (Amazon Web Services)  perusahaan penyedia layanan cloud (komputasi awan) global  bekerjasama dengan mitra-mitra yang sudah mempunyai rekam jejak di dunia teknologi dan pelatihan untuk memberikan materi yang relevan dan terbaik yang berhubungan dengan teknologi dan digital terutama cloud computing di program MSIB Kampus Merdeka. Program ini adalah hasil kolaborasi antara Amazon Web Services (AWS) dan IDS | BTEC untuk membangun fondasi yang kuat bagi para mahasiswa.

Program ini 100% online dengan kombinasi pembelajaran di kelas yaitu live learning dan mentoring session dengan pengajar yang merupakan praktisi industri secara langsung. Selain itu juga dilakukan self learning, hands-on lab, interactive assignment dengan menggunakan platform AWS Skill Builder dan LMS IDS | BTEC secara individu dan berkelompok, serta gamification melalui Cloudquest dan Industryquest. Pembelajaran ini bertujuan untuk memastikan mahasiswa memahami baik konsep maupun praktis dari ilmu yang diberikan serta memahami integrasi antara AWS dan Unreal Engine untuk pengembangan game yang inovatif.

Setiap peserta akan menerima sertifikat penyelesaian materi (certificate of completion) setelah menyelesaikan modul pelatihan yang disediakan. Selain itu, mereka juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan AWS Digital Badge setelah menyelesaikan learning plan dan knowledge check. Peserta yang mencapai prestasi tertentu bahkan dapat mengikuti ujian sertifikasi global AWS Cloud Practitioner, yang akan memberikan pengakuan yang lebih luas atas kompetensi mereka dalam bidang cloud computing.

Tidak hanya itu, dengan mengikuti program ini selama 17 minggu peserta AWS CendekiAwan juga memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi magang mahasiswa setelah program selesai. Hal ini memberikan kesempatan yang berharga bagi peserta untuk mendapatkan pengalaman praktis di dunia nyata dan memperluas jaringan profesional mereka. Dengan demikian, AWS CendekiAwan tidak hanya memberikan pengetahuan dan sertifikasi, tetapi juga membuka pintu bagi peluang karir yang menjanjikan bagi peserta.

AWS CendekiAwan adalah program yang diinisiasi penuh oleh AWS (Amazon Web Services) – perusahaan penyedia layanan cloud (komputasi awan) global – bekerjasama dengan mitra-mitra yang sudah mempunyai rekam jejak di dunia teknologi dan pelatihan untuk memberikan materi yang relevan dan terbaik yang berhubungan dengan teknologi dan digital terutama cloud computing di program MSIB Kampus Merdeka. AWS CendekiAwan - Game Development  adalah program dengan pendekatan komprehensif untuk mempersiapkan mahasiswa dalam ilmu Game Development dan menjadi pionir dalam membangun budaya game di Indonesia dengan menggunakan teknologi AWS dan Unreal Engine. 

IDS | BTEC adalah pelopor dalam pendidikan animasi dan game di Indonesia, berdiri sejak tahun 2000 dan telah mendidik lebih dari 20.000 alumni. IDS | BTEC terakreditasi standar pendidikan vokasi global dari Pearson United Kingdom yang diadopsi secara internasional.  Program-program yang ditawarkan meliputi desain grafis, animasi dan game, film, pemasaran digital, UI/UX, serta teknologi digital lainnya. 

Kurikulum diakreditasi oleh Pearson dari UK merupakan Kurikulum Terpadu yang memungkinkan mahasiswa mengembangkan keterampilan yang relevan dengan industri mencakup pemahaman mendalam tentang pemrograman, desain game, grafis, dan audio yang diperlukan dalam industri game. 

Alumni IDS | BTEC telah bekerja di perusahaan terkemuka di bidang desain dan industri  teknologi, seperti Lucasfilm, Ubisoft, Gojek, Tokopedia, Unilever, Bandai Namco Studios Malaysia, Traveloka, Paragon Pictures, MNC Animation, MRT Jakarta dan berbagai perusahaan lainnya.

AWS dan Unreal Engine (www.unreal.com) menggabungkan teknologi pengembangan advanced game 3D dengan kemampuan infrastruktur global yang dibangun khusus untuk membantu Game Developer membangun pengalaman game yang luar biasa.

 

Program ini menawarkan berbagai kelebihan dan manfaat penting bagi mahasiswa, meliputi:

  1. Kurikulum Terpadu yang memungkinkan mahasiswa mengembangkan keterampilan yang relevan dengan industri mencakup pemahaman mendalam tentang pemrograman, desain game, grafis, dan audio yang diperlukan dalam industri game.
  2. Menggunakan Infrastruktur AWS yang difokuskan sepenuhnya pada pengembangan game sehingga mahasiswa akan belajar tentang berbagai aspek termasuk desain permainan, pengkodean, dan integrasi teknologi terbaru, khususnya teknologi berbasis cloud yang akan memudahkan mahasiswa melakukan berbagai inovasi tanpa khawatir spesifikasi infrastruktur yang diperlukan Selain itu dengan adanya tambahan akses ke AWS Skill Builder, maka mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar dan praktik langsung melalui ratusan lab yang tersedia, yang dikembangkan secara langsung oleh ahli-ahli berpengalaman di AWS.
  3. Pengajar dari Praktisi Berpengalaman untuk membantu mahasiswa memahami tentang industri game secara langsung, termasuk tentang tren industri, tantangan yang dihadapi oleh pengembang game, dan praktik terbaik dalam pengembangan game.
  4. Hubungan Industri yang Kuat dari berbagai sektor baik melalui kolaborasi proyek, magang, atau kerja sama dengan perusahaan game terkemuka (seperti TouchTen, Agate, dll), sehingga mahasiswa memiliki peluang untuk terkoneksi langsung dengan industri.
  5. Peluang Karir yang Luas dari kemampuan yang diperoleh dalam pengembangan game seperti pemrograman, desain grafis, manajemen proyek yang merupakan salah satu bidang kerja yang paling diminati di era digital.

Proses pembelajaran yang dilakukan adalah experience learning, dimana mahasiswa harus mengimplementasikan materi yang diperolehnya ke dalam project akhir dan juga praktikum untuk setiap materinya, selain itu pemberian materi diberikan melalui synchronous (online melalui zoom) dan asynchronous dengan menggunakan platform pembelajaran AWS Skill Builder dan LMS IDS | BTEC serta dilengkapi dengan quiz interaktif, assignment, dan mentoring untuk memastikan pemahaman mahasiswa. Dan proses pembelajaran akan ditutup dengan project akhir dimana mahasiswa akan dalam kelompok untuk mengembangkan sebuah game dengan software Unreal Engine yang didukung infrastruktur AWS.

 

Program akan terdiri dari kegiatan pembelajaran materi per individu dan team dengan melalui cara synchronous dan asynchronous. Proses pembelajaran akan mengikuti pendekatan Game Development dengan infrastruktur AWS yang terdiri dari :

  • Character Concept & Visualization: Mahasiswa mampu menciptakan dan mengembangkan karakter di dalam game. Mulai dari gagasan sampai kepada visualisasi karakter yang siap digunakan.
  • Game Design & Development: Mahasiswa mampu secara mandiri untuk menciptakan gagasan, mengembangkan ide, dan mengeksekusi tahapan produksi dalam game development, baik secara konsep, visual maupun logika yang memang menjadi kesatuan tidak terpisahkan di dalam sebuah game.
  • AWS Cloud Essentials: Mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar infrastruktur cloud AWS, termasuk layanan-layanan inti seperti Amazon EC2, Amazon S3, dan Amazon RDS. Mereka akan belajar bagaimana memanfaatkan layanan-layanan ini untuk menyediakan, menyimpan, dan mengelola aplikasi game di lingkungan cloud.
  • AWS Game Developer: Mahasiswa akan mendalami keterampilan teknis yang diperlukan untuk mengembangkan game di platform AWS, termasuk penggunaan layanan cloud, penyimpanan, basis data, dan keamanan. Mereka akan belajar tentang integrasi game dengan layanan-layanan AWS dan praktik terbaik untuk pengembangan game yang efisien dan scalable di cloud.
  • AWS Game Designer: Mahasiswa akan mempelajari cara merancang dan mengoptimalkan game untuk berjalan di lingkungan cloud AWS. Mereka akan belajar tentang arsitektur game yang scalable, manajemen sumber daya, dan pemantauan kinerja game di AWS. Selain itu, mereka akan belajar bagaimana memanfaatkan layanan AWS untuk meningkatkan pengalaman pengguna, analisis game, dan monetisasi.

 

Materi Pembelajaran

peserta mampu secara mandiri untuk menciptakan gagasan, mengembangkan ide, dan mengeksekusi tahapan produksi dalam game development, baik secara konsep, visual maupun logic yang memang menjadi kesatuan tidak terpishakan didalam sebuah game

1. Peserta mampu mengenali sumber daya pada AWS

2. Peserta mampu menentukan sumber daya yang di perlukan dalam membuat sebuah infrastruktur game

3. Peserta bisa mengetahui fungsionalitas dari sumber daya yang digunakan dalam setiap layanan AWS

1. Perserta bisa mengetahui arsitektur pada sebuah environment game.
2. Peserta bisa mengoptimalkan arsitektur serverless
3. Peserta bisa mengoptimalkan sumberdaya pada AWS dalam membuat sebuah infrastruktur game

AWS CendekiAwan - Game Development

Rp 1300000
MSIB Batch 7BeginnerAnimasi

Yayat Duriat