AWS CendekiAwan - Game Development

Tentang Kelas

AWS CendekiAwan - Game Development  adalah program yang didukung penuh oleh AWS (Amazon Web Services)  perusahaan penyedia layanan cloud (komputasi awan) global  bekerjasama dengan mitra-mitra yang sudah mempunyai rekam jejak di dunia teknologi dan pelatihan untuk memberikan materi yang relevan dan terbaik yang berhubungan dengan teknologi dan digital terutama cloud computing di program MSIB Kampus Merdeka. Program ini adalah hasil kolaborasi antara Amazon Web Services (AWS) dan IDS | BTEC untuk membangun fondasi yang kuat bagi para mahasiswa.

Program ini 100% online dengan kombinasi pembelajaran di kelas yaitu live learning dan mentoring session dengan pengajar yang merupakan praktisi industri secara langsung. Selain itu juga dilakukan self learning, hands-on lab, interactive assignment dengan menggunakan platform AWS Skill Builder dan LMS IDS | BTEC secara individu dan berkelompok, serta gamification melalui Cloudquest dan Industryquest. Pembelajaran ini bertujuan untuk memastikan mahasiswa memahami baik konsep maupun praktis dari ilmu yang diberikan serta memahami integrasi antara AWS dan Unreal Engine untuk pengembangan game yang inovatif.

Setiap peserta akan menerima sertifikat penyelesaian materi (certificate of completion) setelah menyelesaikan modul pelatihan yang disediakan. Selain itu, mereka juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan AWS Digital Badge setelah menyelesaikan learning plan dan knowledge check. Peserta yang mencapai prestasi tertentu bahkan dapat mengikuti ujian sertifikasi global AWS Cloud Practitioner, yang akan memberikan pengakuan yang lebih luas atas kompetensi mereka dalam bidang cloud computing.

Tidak hanya itu, dengan mengikuti program ini selama 17 minggu peserta AWS CendekiAwan juga memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi magang mahasiswa setelah program selesai. Hal ini memberikan kesempatan yang berharga bagi peserta untuk mendapatkan pengalaman praktis di dunia nyata dan memperluas jaringan profesional mereka. Dengan demikian, AWS CendekiAwan tidak hanya memberikan pengetahuan dan sertifikasi, tetapi juga membuka pintu bagi peluang karir yang menjanjikan bagi peserta.

AWS CendekiAwan adalah program yang diinisiasi penuh oleh AWS (Amazon Web Services) – perusahaan penyedia layanan cloud (komputasi awan) global – bekerjasama dengan mitra-mitra yang sudah mempunyai rekam jejak di dunia teknologi dan pelatihan untuk memberikan materi yang relevan dan terbaik yang berhubungan dengan teknologi dan digital terutama cloud computing di program MSIB Kampus Merdeka. AWS CendekiAwan - Game Development  adalah program dengan pendekatan komprehensif untuk mempersiapkan mahasiswa dalam ilmu Game Development dan menjadi pionir dalam membangun budaya game di Indonesia dengan menggunakan teknologi AWS dan Unreal Engine. 

IDS | BTEC adalah pelopor dalam pendidikan animasi dan game di Indonesia, berdiri sejak tahun 2000 dan telah mendidik lebih dari 20.000 alumni. IDS | BTEC terakreditasi standar pendidikan vokasi global dari Pearson United Kingdom yang diadopsi secara internasional.  Program-program yang ditawarkan meliputi desain grafis, animasi dan game, film, pemasaran digital, UI/UX, serta teknologi digital lainnya. 

Kurikulum diakreditasi oleh Pearson dari UK merupakan Kurikulum Terpadu yang memungkinkan mahasiswa mengembangkan keterampilan yang relevan dengan industri mencakup pemahaman mendalam tentang pemrograman, desain game, grafis, dan audio yang diperlukan dalam industri game. 

Alumni IDS | BTEC telah bekerja di perusahaan terkemuka di bidang desain dan industri  teknologi, seperti Lucasfilm, Ubisoft, Gojek, Tokopedia, Unilever, Bandai Namco Studios Malaysia, Traveloka, Paragon Pictures, MNC Animation, MRT Jakarta dan berbagai perusahaan lainnya.

AWS dan Unreal Engine (www.unreal.com) menggabungkan teknologi pengembangan advanced game 3D dengan kemampuan infrastruktur global yang dibangun khusus untuk membantu Game Developer membangun pengalaman game yang luar biasa.

 

Program ini menawarkan berbagai kelebihan dan manfaat penting bagi mahasiswa, meliputi:

  1. Kurikulum Terpadu yang memungkinkan mahasiswa mengembangkan keterampilan yang relevan dengan industri mencakup pemahaman mendalam tentang pemrograman, desain game, grafis, dan audio yang diperlukan dalam industri game.
  2. Menggunakan Infrastruktur AWS yang difokuskan sepenuhnya pada pengembangan game sehingga mahasiswa akan belajar tentang berbagai aspek termasuk desain permainan, pengkodean, dan integrasi teknologi terbaru, khususnya teknologi berbasis cloud yang akan memudahkan mahasiswa melakukan berbagai inovasi tanpa khawatir spesifikasi infrastruktur yang diperlukan Selain itu dengan adanya tambahan akses ke AWS Skill Builder, maka mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar dan praktik langsung melalui ratusan lab yang tersedia, yang dikembangkan secara langsung oleh ahli-ahli berpengalaman di AWS.
  3. Pengajar dari Praktisi Berpengalaman untuk membantu mahasiswa memahami tentang industri game secara langsung, termasuk tentang tren industri, tantangan yang dihadapi oleh pengembang game, dan praktik terbaik dalam pengembangan game.
  4. Hubungan Industri yang Kuat dari berbagai sektor baik melalui kolaborasi proyek, magang, atau kerja sama dengan perusahaan game terkemuka (seperti TouchTen, Agate, dll), sehingga mahasiswa memiliki peluang untuk terkoneksi langsung dengan industri.
  5. Peluang Karir yang Luas dari kemampuan yang diperoleh dalam pengembangan game seperti pemrograman, desain grafis, manajemen proyek yang merupakan salah satu bidang kerja yang paling diminati di era digital.

Proses pembelajaran yang dilakukan adalah experience learning, dimana mahasiswa harus mengimplementasikan materi yang diperolehnya ke dalam project akhir dan juga praktikum untuk setiap materinya, selain itu pemberian materi diberikan melalui synchronous (online melalui zoom) dan asynchronous dengan menggunakan platform pembelajaran AWS Skill Builder dan LMS IDS | BTEC serta dilengkapi dengan quiz interaktif, assignment, dan mentoring untuk memastikan pemahaman mahasiswa. Dan proses pembelajaran akan ditutup dengan project akhir dimana mahasiswa akan dalam kelompok untuk mengembangkan sebuah game dengan software Unreal Engine yang didukung infrastruktur AWS.

 

Program akan terdiri dari kegiatan pembelajaran materi per individu dan team dengan melalui cara synchronous dan asynchronous. Proses pembelajaran akan mengikuti pendekatan Game Development dengan infrastruktur AWS yang terdiri dari :

  • Character Concept & Visualization: Mahasiswa mampu menciptakan dan mengembangkan karakter di dalam game. Mulai dari gagasan sampai kepada visualisasi karakter yang siap digunakan.
  • Game Design & Development: Mahasiswa mampu secara mandiri untuk menciptakan gagasan, mengembangkan ide, dan mengeksekusi tahapan produksi dalam game development, baik secara konsep, visual maupun logika yang memang menjadi kesatuan tidak terpisahkan di dalam sebuah game.
  • AWS Cloud Essentials: Mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar infrastruktur cloud AWS, termasuk layanan-layanan inti seperti Amazon EC2, Amazon S3, dan Amazon RDS. Mereka akan belajar bagaimana memanfaatkan layanan-layanan ini untuk menyediakan, menyimpan, dan mengelola aplikasi game di lingkungan cloud.
  • AWS Game Developer: Mahasiswa akan mendalami keterampilan teknis yang diperlukan untuk mengembangkan game di platform AWS, termasuk penggunaan layanan cloud, penyimpanan, basis data, dan keamanan. Mereka akan belajar tentang integrasi game dengan layanan-layanan AWS dan praktik terbaik untuk pengembangan game yang efisien dan scalable di cloud.
  • AWS Game Designer: Mahasiswa akan mempelajari cara merancang dan mengoptimalkan game untuk berjalan di lingkungan cloud AWS. Mereka akan belajar tentang arsitektur game yang scalable, manajemen sumber daya, dan pemantauan kinerja game di AWS. Selain itu, mereka akan belajar bagaimana memanfaatkan layanan AWS untuk meningkatkan pengalaman pengguna, analisis game, dan monetisasi.

 

Materi Pembelajaran

Selamat datang di tes psikotes yang dirancang khusus untuk seleksi mahasiswa program Studi Independen Bersertifikat AWS CendekiAwan Game Development. Silakan isi kuesioner singkat ini untuk mengetahui tipe kepribadian kamu. Hal ini penting supaya kamu bisa lebih mengenal dirimu, termasuk memahami kekuatan dan kelemahanmu.

Silakan isi semua pertanyaan dengan sebaik mungkin. Pastikan Anda berada di lingkungan yang tenang dan tidak terganggu selama mengerjakan tes ini. Jawaban Anda akan sangat membantu dalam proses seleksi kami.

Petunjuk Pengisian:

  1. Bacalah petunjuk secara seksama
  2. Jawaban anda akan otomatis ter submit, jika waktu pengerjaan anda sudah habis.
  3. Batas waktu pengerjaan 15 menit.

Intruksi

Setelah ini kamu akan menjumpai beberapa pernyataan. Bacalah baik-baik pernyataan tersebut dan pilihlah angka yang menggambarkan seberapa kamu setuju dengan pernyataan tersebut. (Semakin besar angka, semakin setuju kamu dengan pernyataan)

0: Sangat tidak setuju
1: Tidak setuju
2: Agak tidak setuju
3: Agak setuju
4: Setuju
5: Sangat setuju

Tidak ada jawaban benar atau salah. Mohon jawab sesuai dengan kondisi yang sebenarnya untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Learning Outcome / Mata Kuliah 

Peserta dapat memahami konsep dasar karakter dan jenis-jenis karakter yang ada. mampu menganalisis karakter baik dari sudut pandang kepribadian, latar belakang, nilai-nilai, maupun desain visual.

 

Durasi Pembelajaran 

46 Jam 

Sumber Daya Pembelajaran

- PC atau Laptop.

- Software, LMS IDS | BTEC

- Kertas gambar dan alat tulis menggmbar 

 

 

Learning Outcome Mata Kuliah/Stage

1. Peserta Memahami konsep dasar game dan game design

2. Peserta Menjelaskan fungsinya Game Design Document dalam game development.

3. Peserta Mampu membuat Game Design Document yang lengkap dan efektif untuk pengembangan game.

4. Peserta Memahami dan mampu mengaplikasikan konsep game mechanics, storytelling, level design, user interface, user experience, game art, audio design, balancing, pacing, testing, feedback, marketing, monetization, project management, dan tim development dalam pembuatan Game Design Document.

5. Peserta Mampu bekerja secara tim dan berkolaborasi dalam pembuatan Game Design Document.

6. Peserta Mampu melakukan evaluasi dan iterasi dalam Game Design Document.

7. Peserta Mampu melakukan presentasi dan demo dari Game Design Document.

 

Detail Pembelajaran 

1. Melakukan tatap muka dalam kelas / kelas online

2. Berdiskusi aktif Tentang perkembangan industri terkait

3. Melakukan proses pembelajaran berdasarkan pada studi kasus dan pemecahan masalah

4. Melatih para peserta untuk aktif dalam per orangan maupun secara team work

 

Durasi Pembelajaran (jam) : 46 jam 

Sumber Daya Pembelajaran

Hardware : PC, Laptop. Software : Indesing / Words / PowerPoint

Cara Penilaian

Penilaian absensi kehadiran

  • Keaktifan di dalam kelas
  • Karya / project yang ditugaskan
  • Presentasi

Learning Outcome Mata Kuliah/ Stage

1. Peserta mampu dan memahami cara menggunakan dan memanfaatkan software pengolah objek 3 dimensi.
2. Peserta mampu memahami user interface dan ruang kerja dari software pengolah 3 dimensi yang di gunakan
3. Peserta mampu menyusun dan memodifikasi secara sederhana objek objek dasar didalam software pengolah 3 dimensi.
4. Peserta mampu membuat sebuah model sederhana dari objek objek dasar seperti box ,sphere, capsule dan sebagainya.
5. Peserta mampu memanfaatkan texture dan material.
6. Peserta mampu melakukan evaluasi terhadap objek yang di ciptakan.
7. Peserta mampu melakukan presentasi dan demo dari objek yang di ciptakan. 

Durasi Pembelajaran

65 Jam

 

Sumber Daya Pembelajaran

PC/Laptop, Blender

  1. Modelling Character dengan refrence yang di berikan
  2. Modelling Kepala
  3. Modelling Badan
  4. Modelling Kaki dan tangan
  5. Modelling Rambut dan Pakaian
  6. Rigging karakter
  7. Peserta membuat konsep karakter
  8. Peserta membuat 3D modelling dengan konsep character

1. Peserta mampu memahami konsep dan teknik dalam pembuatan aset game, baik dengan teknik low-poly atau high-poly modelling, penggunaan texture dan material, pembuatan animasi, serta pengoptimalan aset game untuk performa yang lebih baik.

2. Peserta mampu mengoperasikan tools dan software yang digunakan untuk reka bentuk 3D untuk aset game.

3. Peserta mampu memahami prinsip-prinsip dasar dalam reka bentuk 3D untuk aset game dan dapat mengaplikasikan prinsip tersebut pada pembuatan aset game.

4. Peserta mampu membuat aset game sederhana dengan teknik modelling 3D, baik low-poly maupun high-poly.

5. Peserta mampu membuat texture dan material untuk aset game.

6. Peserta mampu membuat animasi sederhana untuk aset game.

7. Peserta mampu melakukan pengoptimalan aset game untuk performa yang lebih baik. 8. Peserta mampu membuat proyek akhir berupa aset game lengkap dan dapat melakukan presentasi serta evaluasi proyek akhir dengan baik.

Learning Outcome/ Mata Kuliah 

1. peserta mampu memahami 12 prinsip animasi.
2. peserta mampu menggambarkan karakteristik sebuah karakter sesuai konsep yang telah dibuat kedalam gerakan animasi 3D.
3. Peserta mampu meng-ekspresikan akting dari tiap konsep karakter yang ada.
4. Peserta mampu memahami tentang gerakan mekanikal sebuah karakter.
5. peserta mampu memahami pembentukan pose-pose animasi yang bagus, nantinya akan berpengaruh pada hasil gerakan animasi 3D.
6. peserta mampu mengoperasikan software dan tools yang digunakan dalam pembuatan gerakan animasi 3D.
7. peserta mampu memahami beberapa metode dalam pembuatan gerakan animasi 3D.
8. peserta mampu meng-aplikasikan metode-metode pembelajaran ke dalam gerakan animasi 3D.
9. peserta mampu memahami arahan director dalam pembuatan gerakan animasi 3D.
10. peserta mampu memperbaiki dan mengoptimalkan setiap gerakan animasi untuk mendapatkan gerakan animasi yang baik dan benar.
11.peserta mampu membuat proyek akhir berupa gerakan-gerakan animasi sesuai dengan konsep yang telah dibuat sebelumnya dan dapat melakukan presentasi serta evaluasi proyek akhir dengan baik dan benar.

Durasi Pembelajaran 

64 Jam 

Sumber Daya Pembelajaran 
Hardware : PC, Laptop. Software : Blender dan LMS IDS | BTEC

peserta mampu secara mandiri untuk menciptakan gagasan, mengembangkan ide, dan mengeksekusi tahapan produksi dalam game development, baik secara konsep, visual maupun logic yang memang menjadi kesatuan tidak terpishakan didalam sebuah game

  1. Basic Character Setup
  2. Basic Particle System
  3. Creating a Level 1
  4. Creating a Level 2
  1. Class Object Character Object
  2. Class Object : Animation BP
  3. UMG (Unreal Motion Graphic) Concept
  4. Class Object : Level Blueprint
  1. Creating Simple AI 1
  2. Creating Simple AI 2
  3. Lighting
  4. Post Processing
  1. Landscape Editor 1
  2. Landscape Editor 2
  3. Landscape Material 1
  4. Landscape Material 2
  5. Volume Object
  6. Streaming Level
  7. Creating Level 1
  8. Creating Level 2
  9. Advanced Lighting
  10. Post Processing
  11. Optimized Level Area
  1. Introduction to Character Blueprint Object
  2. Import Character & Blendshapes
  3. Creating Animation Blueprint Class 1
  4. Creating Animation Blueprint Class 2
  5. Input and Game Mode Setup
  6. Creating Player Ability 1
  7. Creating Player Ability 2
  8. Creating Player Ability 3
  9. Character UI
  10. Animation Modification
  1. Introduction to Enemy Blueprint Object
  2. Import Character & Blendshapes
  3. Creating Animation Blueprint Class 1
  4. Creating Animation Blueprint Class 2
  5. Creating Enemy Ability 1
  6. Creating Enemy Ability 2
  7. Creating Enemy Ability 3
  8. Enemy UI
  9. Animation Modification
  10. Enemy Interaction
  1. Peserta mampu mengenali sumber daya pada AWS
  2. Peserta mampu menentukan sumber daya yang di perlukan dalam membuat sebuah infrastruktur game
  3. Peserta bisa mengetahui fungsionalitas dari sumber daya yang digunakan dalam setiap layanan AWS
  1. Perserta bisa mengetahui arsitektur pada sebuah environment game.
  2. Peserta bisa mengoptimalkan arsitektur serverless
  3. Peserta bisa mengoptimalkan sumberdaya pada AWS dalam membuat sebuah infrastruktur game
  1. Peserta mampu menggunakan API Gateway dan Lambda untuk meningkatkan kecepatan pemrosesan pada game.
  2. Peserta bisa menggunakan sumberdaya Gamelift pada AWS sehingga akan meningkatkan proses develoment game pada infrastruktur AWS.
  3. Peserta bisa menganalisa penggunaan sumnerdaya pada AWS sesuai dengan kebutuhan.

AWS CendekiAwan - Game Development

Rp 1300000
MSIB Batch 7BeginnerAnimasi

Muhammad Permana Sutan Muda
Soleh Fajri
Muhammad Iqbal
Adhi Trahono
Yayat Duriat